Minggu, 20 Oktober 2013

BAHASA INDONESIA 1 - PILIHAN KATA (DIKSI)

Pilihan Kata – Diksi


Pilihan kata atau Diksi adalah pemilihan kata-kata yang sesuai dengan apa yang hendak kita ungkapkan. Diksi  atau Plilihan kata mencakup pengertian kata-kata mana yang harus dipakai untuk mencapai suatu gagasan, bagaimana membentuk pengelompokan kata-kata yang tepat atau menggunakan ungkapan-ungkapan, dan gaya mana yang paling baik digunakan dalam suatu situasi.

Percakapan antara Vicky Prasetyo dengan mantan tunangannya Sazkia Gotik
Vicky: "Di usiaku saat ini .. ee .. ya twenty nine  MY AGE ya ..Tapi aku tetap masih merindukan apresiasi karena .. basically aku seneng .. seneng musik walaupun KONTROVERSI HATI Aku lebih menyudutkan kepada KONSPIRASI KEMAKMURAN yang kita pilih ..."Nggak ..kita .. kita belajar .. apa ya HARMONISASI dari hal terkecil sampai terbesar.. Kupikir kita nggak boleh ego terhadap satu kepentingan dan KUDETA apa yang kita menjadi keinginan yaa."Dengan adanya hubungan ini bukan MEMPERTAKUT, bukan MEMPERSURAM STATUSISASI KEMAKMURAN keluarga dia gitu .. tapi menjadi CONFIDENT, tapi .. kita harus bisa MENSIASATI KECERDASAN itu untuk LABIL EKONOMI kita tetap lebih baik ... dan aku sangat bangga.

Zaskia Gotik menyela: "Dibeliin rumah ya .. Pap, ya? Aku dibeliin rumah ya sayang .. ya?"

Vicky: "Nanti lah kita KOMUNIKASIKAN lagi soal itu."


Analisis Kesalahan :
Vicky: "Usiaku saat ini 29 tahun, tapi aku tetap masih mengharapkan penghargaan karena pada dasarnya aku senang musik walaupun aku bimbang dan lebih tertuju kepada kondisi dimana kemakmuran menjadi sebuah hal yang hakiki yang kita pilih. "Tidak, kita belajar, belajar untuk menjadi lebih harmonis baik dari hal terkecil sampai terbesar, Menurutku kita tidak boleh egois terhadap suatu kepentingan dan ketidakpuasan ini menjadi keinginan. “Dengan adanya hubungan ini, bukan untuk membuat takut dan bukan untuk membuat keadaan keluarga dia yang makmur menjadi buruk, tapi membuatnya menjadi lebih yakin, dan juga kita harus lebih pintar agar kondisi ekonomi yang tidak stabil itu menjadi lebih baik”

Zaskia Gotik: "Aku dibeliin rumah ya sayang?”

Vicky: "Untuk hal itu nanti kita bicarakan lagi bagaimana baiknya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar