Kamis, 12 Januari 2012

HAID BERMASALAH??

Haid adalah darah kotor dan selaput lendir rongga rahim yang terlepas dengan sendirinya akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesterone, yang akan keluar dari rahim melalui liang vagina.

Hipofisis adalah pematangan sel telur dan keluarnya sel telur dari indungnya kerjasama antara otak, indung telur, dan kelenjar buntu di otak. Hipofisis mengeluarkan hormon FSH (follicle stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone).
Hormon FSH bertugas mempercepat pematangan telur, sedangkan hormon LH bertugas sebagai penyempurnaan proses pematangan telur hingga dapat mendekati indung telur untuk dilepas. Bila tidak terjadi pembuahan dalam waktu 24 jam, maka sel telur akan mati.
Hymen Imperforata adalah selaput darah tidak berlubang sehingga darah menstruasi terhambat untuk keluar. Hal ini disebabkan karena pada saat waktunya menstruasi tetapi belum mendapatkannya.

Meno-metromhagia ialah Perdarahan dalam jumlah banyak yang terjadi didalam dan diluar siklus haid. Beberapa perempuan mengalami menstruasi atau haid tidak teratur dikarenakan tubuh banyak memproduksi hormon androgen, hormon yang menyebabkan peningkatan massa otot, dan berat badan mudah naik.

Ada beberapa pendapat dari para ahli, cara mengenali tanda-tanda menstruasi tidak teratur, seperti : payudara lebih berat, sakit kepala, banyak timbulnya jerawat, perubahan mood (selera perasaan).

Berikut adalah cara mengatasi haid tidak teratur yang dapat membantu anda :
  1. Dengan cara tradisional, misalnya : minum ramuan / jamu temulawak: Jamu obat pelancar haid.
  2. Menambah jumlah hormon esterogen jika terjadi kekurangan, dan mengurangi hormon esterogen jika kelebihan hormon tersebut.
  3. Memeriksa kesehatan jika menderita penyakit diabetes melitus, dengan pemberian insulin agar dapat memperbaiki siklus haid dan membuka kemungkinan untuk hamil.
  4. Pemberian obat penurunan kelenjar gondok (Tiroid), agar kebutuhan kelenjar cukup dan normal.
  5. Konsumsi makanan dan buah-buahan yang banyak mengandung serat. Karena serat sangat penting dan baik untuk kelancaran menstruasi atau haid.
  6. Menjaga kondisi kesehatan dengan olahraga ringan.
  7. Tidak mengangkat beban berat.
  8. Refreshing sejenak dari rutinitas yang padat


Biasakan hidup sehat dengan pola makan yang baik, teratur, menjaga kebersihan organ intim agar tidak cepat terjangit penyakit atau virus dan faktor-faktor lain yang dapat menganggu kelancaran haid.
Penyebab-penyebab haid tidak teratur, diantaranya :
  1. Hormon Prolaktin yang berlebihan. Hormon Prolaktin sering sekali terjadi pada ibu yang sedang menyusui, karena hormon ini dapat menekan tingkat kesuburan seorang ibu. Hormon Prolaktin yang tinggi disebabkan adanya kelainan pada kelenjar hipofisis yang terletak didalam kepala.
  2. Kelenjar Gondok. Apabila terjadi peningkatan atau penurunan pada kelenjar gondok dapat mengakibatkan terganggunya sistem hormon lain dalam tubuh.
  3. Terganggunya hormon. Jika hormon dalam otak, tepatnya d kelenjar hipofisa akan mempengaruhi produksi sel telur dalam indung telur.
  4. Kecemasan mengenai kehamilan. Menunggu kehamilan yang belum kunjung datang.
  5. Ketidakseimbangan hormon. Karena dipengaruhi oleh beberapa faktor tergantung dari kesehatan fisik masing-masing wanita.
  6. Stress. Stress jangan dianggap enteng karena akan mengganggu metabolisme didalam tubuh, maka siklus haid pun akan terganggu.
  7. Kurangnya asupan nutrisi, gizi dan serat dalam tubuh. 





1 komentar:

  1. halo, Terima kasih, artikel yang menarik~ informasinya bermanfaat, please check this web
    Kunjungi IT Telkom Jakarta:
    Website Kami
    Website Kami
    thankyou...

    BalasHapus