Selasa, 10 Januari 2012

BROKOLI dan PISANG PENCEGAH PENYAKIT MAAG

Benarkah maag dpt dicegah dgn brokooli dan pisang?
barangkali pertanyaan itu yg ada d benak anda saat mendarat d postingan ini :-)
yaa ternyata Brokoli dan Pisang dpt mencegah terjadinya penyakit maag yg terkadang membuat kita sampai lemas tak berdaya. .


Manfaat Brokoli Untuk Mencegah Penyakit Maag 

Semua orang pasti tau lahh ya sayuran yang satu ini, ya Brokoli. Beragam penelitian ttg brokoli pun mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan dlm jenis sayuran ini sangat besar sehingga mampu menekan risiko kanker. Namun, baru2 ini penelitian terbaru dan lebih spesifik mampu memberikan gambaran kemampuan brokoli dalam menekan resiko beragam gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung, dan kemungkinan kanker perut.

Di Jepang, para ahli mendapatkan fakta bahwa mengonsumsi 70 gram brokoli segar setiap hari selama dua bulan dpt melindungi tubuh manusia dari bakteri perut yg terkait penyakit maag, infeksi lambung, bahkan kanker perut. Sulforaphane dalam brokoli jg diketahui mampu meningkatkan produksi enzim fase II di hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan2 karsinogen yg dihasilkan dari senyawa prokarsinogen dan mengeluarkannya dari sel. Perlu diketahui, kandungan sulforaphane dlm kecambah brokoli segar lebih tinggi daripada brokoli yg sudah direbus terlalu matang.

Kandungan sulforaphane yg ada dalam brokoli dpt memicu enzim dlm perut sehingga memberikan perlindungan terhadap senyawa radikal yg dpt merusak DNA dan menyebabkan peradangan. Cobalah beberapa tips di bawah ini :

Pilihlah brokoli yg berwarna hijau gelap. Selain dimakan langsung sebagai lalapan, brokoli bisa dicampur sayuran dan buah lain untuk salad, atau anda bisa mengonsumsi sayuran ini dalam bentuk jus.

 
Manfaat Pisang Untuk Mencegah Penyakit Maag

Bagi anda yg sudah terlanjur mengidap penyakit maag maka anda harus selalu makan teratur setiap hari untuk mencegah asam lambung merusak dinding lambung. Di samping itu anda jg harus rajin minum obat pereda nyeri maag/nyeri lambung ketika rasa sakit maag itu datang.

Kini ada cara alternatif yg alami untuk mengatasi maag yaitu dgn buah pisang. Secara rutin makan buah pisang satu buah setiap pagi dan sore hari akan melindungi selaput lendir di lambung anda dari asam lambung. Buah pisang kaya akan pektin yang memiliki efek yg baik bagi orang yg terserang maag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar